Fokus Mutu, LPPMI Unusia Undang Pakar SPMI Bekali Auditor

Jakarta- Lembaga Pemantau Penjamin Mutu Internal (LPPMI) Unusia melakukan kolaborasi pelatihan auditor dengan pakar Sistem Penjamin Mutu Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (SPMI LLDIKTI) Wilayah III, yang meliputi DKI Jakarta pada 4-5 Agustus 2023.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan mengupgrade kemampuan audit sehingga dapat mengawal pelaksanaan Audit Mutu Intenal (AMI) siklus III Unusia dengan efektif dan progresif. 

“Sebanyak 18 dosen yang berasal dari berbagai program studi mengikuti pelatihan ini dengan berkomitmen untuk nantinya menjadi auditor internal Unusia setelah mendapatkan “sertifikat lulus,” ujar Nurul Fauziyah Kepala LPPMI Unusia.

Dalam pelatihan tersebut diundang juga lima audit yang berasal dari unsur ketua program studi yang berbeda lembaga akreditasinya seperti LAMDIK, LAMINFOKOM, BANPT, dan lainnya, serta ada juga unsur lembaga yaitu LPPM beserta unsur UPT yaitu UPT Perpustakaan.

 “Keberhasilan audit yang dilakukan oleh auditor adalah ketika auditor dirindukan oleh audit,” ujar Dr. Ir. Hisar Sirait, MA., selaku Tim Pakar Mutu LLDIKTI 3.

Laporan AMI yang berisikan rekomendasi perbaikan dan peningkatan merupakan hal fundamental yang harus dilaporkan pada borang-borang akreditasi baik program studi ataupun universitas, terlebih untuk menggambarkan ketercapaian dan evaluasi kinerja terhadap standar yang sudah dilaksanakan. Secara keseluruhan, penjaminan mutu melalui AMI akan membawa Unusia pada keterlaksanaan Good University Governance (GUG) yang menjadi harapan kita semua.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *